Bupati Suwirta Optimis - Peringatan HUT Puputan ke 108 dan Kota Semarapura ke 24 Ada yang Baru dan Beda | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 28 November 2021
Diposting : 25 April 2016 14:38
Ketut Sugiana - Bali Tribune
JUMPA PERS - Bupati Suwirta dalam jumpa pers jelang Peringatan HUT Puputan Klungkung ke 108 dan kota Semarapura ke 24 dan Festival Semarapura ke 2.

Semarapura, Bali Tribune

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta janjikan sesuatu yang berbeda pada perayaan Hari Puputan ke 108 dan HUT Kota Semarapura ke-24, pada 28 April nanti. Hal ini disampaikan Bupati Suwirta didampingi Wabup Made Kasta dan Setda Gede Putu Winastra di hadapan seluruh awak media, Minggu (24/4).

Mengusung  tema “Dengan Spirit Gema Santhi, Kita Tauladani Semangat Puputan Klungkung,” pada perayaan tahun ini akan disinergikan dengan kegiatan yang dibedakan menjadi dua yaitu; Kegiatan perayaan Hari Puputan dan hari jadi Kota Semarapura, serta Festival Semarapura  yang ke-2.

Pada perayaan tahun-tahun sebelumnya, para SKPD/PNS mendominasi peserta lomba, namun tahun ini masyarakat dan peserta umumlah  yang akan mendominasi. Hal ini untuk membangkitkan semangat hari puputan pada masyarakat, supaya tidak hanya dirasakan para PNS dan SKPD.  Puluhan penjor yang dipasang membentuk Tapak Dara juga akan menghiasi wajah Catus Pata Kota Semarapura. Dimana sisi utara, timur selatan dan barat Catus Pata akan berjajar puluhan penjor hias serta dilengkapi dengan gapura.

Pada tanggal 28 April nanti akan dillakukan Grand Launching program aksi Gema Shanti yang diikuti dengan menghidupkan layar LED, air mancur bernyanyi dimonumen Puputan serta semua ornamen dan pernak - pernik yang menghiasi Catus Pata. Grup band nasional GIGI juga akan mengisi acara pada peluncuran Gema Shanti ini. Selain itu juga diisi dengan peluncuran lagu dan film gema santi yang berjudul Shanti Tak Sendiri.

Pada hari kedua yakni 29 April akan dilaksanakan pembukaan Festival Semarapura, launching Program City Tour serta pameran UMKM yang diikuti UMKM seluruh Bali oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. Pada hari yang sama juga penonton yang hadir juga disuguhi fragmen perang Kusamba. Selain itu juga akan diisi pameran kuliner, jobfair, serta pawai mobil hias yang dibawakan oleh masing masing SKPD yang memiliki program aksi Gema Shanti serta job fair. Berbagai lomba juga akan digelar guna memeriahkan perayaan perayaan Hari Puputan ke 108 dan HUT Kota Semarapura ke-24 diantaranya lomba berbusana kepura, lomba gong kebyar,  lomba bleganjur tingkat kabupaten dan provinsi, parade marchingband serta parade artis lokal Klungkung.Untuk keamanan, akan memanfaatkan pecalang,Sat PolPP, Polisi dan TNI.

Dengan anggaran + Rp 1.8 Miliar seluruh rangkaian acara ini diharapkan dapat memberikan kesan yang luar biasa kepada masyarakat yang hadir dan seluruh masyarakat Klungkung. Seperti halnya Nusa Penida dan Lembongan yang mengalami peningkatan kunjungan wisatawan setelah penyelenggaraan festival, Kota Semarapura juga diharapkan akan mengalami hal serupa. Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Klungkung Bupati Suwirta berharap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kab. Klungkung akan meningkat.

Hukum & Kriminal

Terpopuler