Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Datangi Masyarakat Secara Langsung, BPJS Kesehatan Gelar Program Jemput Bola

Bali Tribune/ Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, Ir. I Made Sada
balitribune.co.id | Denpasar – Melalui BPJS Kesehatan Keliling, BPJS Kesehatan Cabang Denpasar semakin dekat melayani masyarakat secara langsung. Kegiatan ini dilaksanakan dilaksanakan secara rutin dan salah satunya dilaksanakan di Kantor Desa Dangin Puri Kelod pada Rabu (8/11).
 
Ditemui secara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Denpasar Nyoman Wiwiek Yuliadewi mengatakan jika kegiatan BPJS Keliling ini merupakan salah satu upaya jemput bola dari BPJS Kesehatan sebagai media untuk memberikan layanan dan menyampaikan informasi seputar Program JKN kepada peserta.
 
“Salah satu hak dari Peserta JKN adalah memperoleh manfaat dan informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ungkap Wiwiek.
 
Ia pun berharap informasi yang diberikan melalui BPJS Keliling ini akan bermanfaat bagi pengunjung dan informasi terbaru seputar Program JKN dapat tersebar secara masif.
 
“BPJS Keliling memiliki tujuan untuk selalu memberikan pelayanan prima dan publikasi informasi-informasi terbaru secara terus-menerus kepada masyarakat,” ujar Wiwiek.
 
Wiwiek mengatakan bahwa kepesertaan JKN yang bersifat wajib adalah upaya dari negara untuk memastikan seluruh warganya memiliki jaminan kesehatan guna mengurangi risiko finansial yang terjadi di saat sakit dan memerlukan pelayanan medis. 
 
“Saya berharap dukungan serta partisipasi aktif dari warga yang hadir untuk terus membantu mensosialisasikan Program JKN ini kepada rekan-rekan serta sanak keluarga. Saya berharap kedepannya Program JKN ini benar-benar bermanfaat bagi seluruh penduduk di Indonesia,” jelas Wiwiek.
 
Sejalan dengan Wiwiek, Kepala Desa/Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, Denpasar Timur Ir. I Made Sada sangat mengapresiasi kehadiran BPJS Keliling di wilayahnya dan berharap dapat menjawab kebutuhan warganya seputar layanan Program JKN.
“BPJS Keliling yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Denpasar bagi saya adalah sebuah kegiatan positif yang langsung menyasar warga setempat yang memerlukan layanan kepesertaan dan informasi terkini seputar Porgam JKN, ungkap Sada.
 
Sada mengaku belum pernah menggunakan JKN, namun ia sangar bersyukur akan hal tersebut. Bagi Sada iuran yang ia bayarkan adalah perbuatan baik yang dapat ia lakukan dan bermanfaat bagi peserta lainnya.
 
“Bersyukur sampai saat ini saya masih dianugerahi kesehatan dan menurut saya Program JKN sangat luar biasa dengan prinsip gotong royongnya, dimana peserta yang sehat membantu peserta yang sakit,” jelas Sada.
 
Diakhir wawancara, Sada berharap seluruh warganya semakin aware dengan keaktifan status kepesertaan JKNnya karena sakit tidak pernah terduga kapan akan datang.
 
Untuk kemudahan layanan, kini hanya dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada KTP sebagai identitas kepesertaan sudah dapat mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepuasan peserta.
 
“Dengan menggunakan NIK sebagai nomor identitas peserta JKN, maka peserta tidak perlu mencetak fisik kartu kepesertaan BPJS Kesehatan. Peserta yang hendak mengakses layanan Program JKN cukup menyebutkan NIK, menunjukkan e-KTP atau KIS Digital melalui aplikasi Mobile JKN,” tutur Wiwiek.
 
Oleh karena itu, menjadi peserta JKN sangat penting dan merupakan kebutuhan utama setiap individu. Jaminan kesehatan selain penting untuk diri sendiri juga penting untuk seluruh anggota keluarga agar terlindungi secara finansial ketika mengakses layanan kesehatan.
 
Salah satu peserta yang datang Nyoman Sudira yang merupakan peserta JKN kelas 2 yang sehari-harinya berprofesi sebagai PNS mengaku puas dengan layanan yang diberikan petugas BPJS Kesehatan. Hari itu, Sudira mendatangi BPJS Kesehatan Kelling untuk keperluan pindah faskes yang berada didekat rumahnya.
 
“Saya mengetahui keberadaan BPJS Kelilin melalui media sosial. Terima kasih atas pelayanannya yang sangat ramah dan informatif, ternyata untuk pindah faskes dapat dilakukanan secara online melalui Aplikasi Mobile JKN,” jelasnya.
wartawan
RG/EK
Category

Nataru 2025/2026 Indosat Proyeksikan Lonjakan Trafik di Bali Nusra

balitribune.co.id | Denpasar - Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) memperkuat kesiapan jaringan di Bali dan Nusa Tenggara (Nusra) menjelang libur Natal 2025 dan Tahun Baru 2026. Sebagai salah satu destinasi wisata tersibuk di Indonesia pada periode akhir tahun, Bali dan Nusra diproyeksikan mengalami peningkatan trafik layanan data dan mobilitas wisatawan yang sangat tinggi.

Baca Selengkapnya icon click

Imigrasi Ngurah Rai Deportasi Empat WNA ‘Bonnie Blue’, Terbukti Salahgunakan Visa Wisata

balitribune.co.id | Mangupura - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai resmi mendeportasi empat Warga Negara Asing (WNA) yang tergabung dalam manajemen konten “Bonnie Blue” setelah terbukti menyalahgunakan izin tinggal keimigrasian selama berada di Bali.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Hingga November 2025 Bandara Bali Layani 22 Juta Penumpang

balitri bune.co.id | Kuta - Trafik operasional penerbangan mengalami pertumbuhan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai pada tahun 2025. Pihak bandara mencatatkan pelayanan kepada 22.118.214 penumpang pada periode Januari hingga November 2025, atau mengalami peningkatan 1 persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang melayani 21.869.747 pergerakan penumpang.

Baca Selengkapnya icon click

Resahkan Pengguna Jalan, Polsek Dentim Amankan Konvoi Pelajar

balitribune.co.id | Denpasar - Polsek Denpasar Timur (Dentim) mengamankan sejumlah pelajar yang melaksanakan konvoi menggunakan sepeda motor tidak sesuai standar pabrik di Jalan WR. Supratman, Tohpati, Denpasar Timur, pada Sabtu (13/12/2025) malam. Aksi konvoi tersebut dinilai meresahkan pengguna jalan serta berpotensi membahayakan keselamatan berlalu lintas.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Gas Bocor, Api Melahap Hotel dan Spa Grand Sehati di Ubud

balitribune.co.id | Gianyar - Kepulan asap sempat meriuhkan aktivitas pariwisata di  jalan Monkey forest, Ubud, Minggu (14/12) Pukul 10.00 Wita. Sebuah hotel dan Spa mengalami kebakaran yang dipicu  kebocoran tabung gas. Seorang petugas dari distributor gas elpiji mengalami luka bakar saat mengganti tabung.

Baca Selengkapnya icon click

Penglipuran Menuju Desa Wisata Regeneratif Kelas Dunia di 2026

balitribune.co.id | Denpasar - Desa Wisata (Dewi) Penglipuran selama ini identik dengan citra desa terbersih, rapi, dan paling fotogenik di Bali. Namun, di tengah tantangan pariwisata global yang kian kompleks, keindahan visual saja dinilai tak lagi cukup. Penglipuran pun memilih melangkah lebih jauh dengan menegaskan komitmennya menuju "pariwisata regenerative" melalui peluncuran agenda besar bertajuk “Regenerative Tourism 2026.”

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.