Ditarget Rp 5,3 T, Bapenda ‘Buru’ WP Baru | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 28 September 2020
Diposting : 18 January 2020 00:53
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/ I Made Sutama
balitribune.co.id | Mangupura - Badan Pendapatan Daerah dan Pasedahan Agung Kabupaten Badung menargetkan pendapatan daerah sebesar Rp 5,3 triliun pada tahun 2020. Nah, untuk mengejar capaian target tersebut, instansi pimpinan I Made Sutama ini mulai melakukan pemetaan potensi pajak baru yang bisa digarap.
 
Kepala Bapenda Badung I Made Sutama menyatakan, potensi wajib pajak baru harus bisa mendongkrak pendapatan gumi keris, disamping pajak-pajak yang sudah berjalan selama ini. “Kami tengah mendata wajib pajak baru, karena target pendapatan daerah naik,” ujarnya dikonfirmasi, Jumat (17/1/2020).
 
Selain memburu wajib pajak baru, Bapenda juga meningkatkan pemeriksaan terhadap WP terkait dengan pelaporan pajak yang telah disampaikan. “Kami juga akan meningatkan penagihan piutang dengan upaya paksa berupa  pemasangan spanduk bagi WP yang tidak taat membayar pajak,” kata Sutama.
 
Upaya lain yang juga dilakukan adalah dengan melakukan penilaian individu terhadap bangunan yang belum dihitung dalam pembayaran PBB, seperti awalnya lahan kosong pada saat pembayaran PBB hanya dihitung pajak Buminya kalau sudah ada bangunannya maka nilai bangunannya juga akan dihitung.
 
“Kami juga akan berkoordinasi dengan para notaris yang kaitannya bisa meningkatkan BPHTB,” imbuhnya.
 
Sementara untuk menjaga wajib pajak yang sudah berjalan tetap taat bayar pajak, Bapenda melakukan pengawasan terhadap alat monitor transaksi seperti web service,Tiping box dan cash register. “Yang (WP) sudah jalan kita terus tingkatkan terutama dari segi pengawasan,” jelas Sutama.
 
Mantan Kepala BPPT Badung ini juga menyebut akan melakukan pendekatan kepada para pengusaha travel online untuk pendataan wajib pajak baru. “Kita juga akan bekerja sama dengan perangkat desa dinas dan adat dalam mencari WP baru,” tukasnya.