Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Gandeng BUMDes Sinergikan Program Laku Pandai

Sosialisasi
SOSIALISASI - Sosialisasi Laku Pandai dalam rangka Keuangan Inklusif di Bangli yang digelar BNI di Aula Dinas P3 Bangli, Kamis (21/7).

Bangli, Bali Tribune

Dalam upaya memperluas layanan perbankannya ke pedesaan secara lebih lengkap BNI menggandeng Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk menjadi agen Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif). Hal ini disampaikan oleh Pemimpin BNI Kantor Wilayah Denpasar, AAG Agung Dharmawan, saat menghadiri sosialisasi Pengelolaan Bisnis Keuangan dan Pendampingan Pembentukan BUMDes yang secara khusus digelar BNI di Aula Dinas P3 Bangli, Kamis (21/7).

 “Melalui agen laku pandai, kami mendorong program literasi keuangan ke pedesaan sehingga perbankan akan menjadi semakin dekat dengan masyarakat desa,” ungkapnya. Turut hadir dalam acara tersebut Bupati Bangli I Made Gianyar, Kepala OJK Regional Bali & Nusra Zulmi, Kepala BPMPD serta Kepala Desa serta pengurus BUMDes se Bangli. Menurutnya, Program Laku Pandai yang digulirkan oleh Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai bentuk inovasi penyediaan infrastruktur layanan jasa keuangan guna menjangkau kelompok masyarakat di pedesaan dan daerah terpencil.

“Program Laku Pandai ini dibentuk sebagai usaha untuk menyediakan akses layanan keuangan bagi masyarakat yang belum mengenal, menggunakan, dan/ atau mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya; memperluas akses layanan keuangan, industri perbankan, dan industri jasa keuangan lainnya; menyediakan layanan keuangan tanpa kantor (branchless banking),” jelasnya.

Saat ini, tutur Agung, agen Laku pandai BNI yang bernama Agen BNI 46 sudah melayani pembukaan rekening, setoran tunai, tarik tunai dan berbagai transaksi pembelian (pembelian pulsa, dll) serta pembayaran tagihan (tagihan Telkom, dll). “Sampai dengan pertengan bulan juli 2016 ini, telah aktif lebih dari 624 agen BNI46 dimana khusus di Bali ada 155 Agen BNI46. BNI selain selalu menambah jumlah agen tetapi juga tetap memperhatikan kualitas para agen tersebut melalui pembinaan kapasitas para agen yang dikelolanya,” sebutnya lagi.

Agen BNI46 ini merupakan inisiatif BNI untuk menjalin kerjasama dengan desa dalam rangka pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Untuk desa yang belum memiliki BUMDes, BNI juga akan memberikan pendampingan sejak dilakukannya musyawarah desa dilaksanakan hingga terbentuknya BUMDes tersebut,” imbuhnya.

Dalam acara sosialisasi tersebut, BNI secara khusus menghadirkan Kepala Desa Cangkudu Kabupaten Tangerang Amir Hamzah yang merupakan Kepala Desa terbaik tahun 2015 untuk berbagi pengalaman tentang aktivitas BUMDes dan hal terkait lainnya. “Dengan berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki, BNI telah siap untuk mendukung proses pembentukan dan kemajuan BUMDes sehingga dapat berkontribusi untuk pembangunan masyarakat desa,” pungkasnya.

wartawan
Arief Wibisono
Category

Komunitas ID42NER Bali Cepat Tanggap Bantu Warga Terdampak Banjir di Denpasar

balitribune.co.id | Denpasar - Komunitas otomotif ID42NER Bali menunjukkan aksi nyata solidaritas dengan turun langsung membantu masyarakat terdampak banjir di kawasan Ubung Kaja, Denpasar, Senin (15/9). Banjir yang melanda wilayah tepi Sungai Jalan Witaraja itu menyebabkan kerusakan cukup parah: 48 Kepala Keluarga (KK) terdampak, ratusan sepeda motor dan puluhan mobil rusak berat.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Tinjau Wilayah Terdampak Banjir, Walikota Jaya Negara Pastikan Pembersihan dan Penanganan Cepat

balitribune.co.id | Denpasar - Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara bersama Dandim 1611 Badung, Kolonel Inf. I Putu Tangkas Wiratawan menyusuri wilayah terdampak banjir di bantaran Sungai Badung pada Minggu (14/9). Hal tersebut guna memastikan proses pembersihan sisa banjir berjalan optimal. 

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

HARPELNAS 2025, Adira Gianyar Hadirkan "Terima Kasih Sahabat" Perkuat Kedekatan Pelanggan

balitribune.co.id | Gianyar - Memperingati Hari Pelanggan Nasional (HARPELNAS) 2025, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) termasuk Adira Cabang Gianyar menghadirkan program “Terima Kasih Sahabat” untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia.

Baca Selengkapnya icon click

‘Terima Kasih Sahabat‘ Ala Adira Nusa Dua - Ngurah Rai di HARPELNAS 2025

balitribune.co.id | Mangupura - Seperti cabang lainnya, Adira Nusa  Dua - Ngurah Rai  pun merayakan Hari Pelanggan Nasional dengan menghadirkan program “Terima Kasih Sahabat” untuk memberikan apresiasi kepada pelanggan setia.

Momentum ini sekaligus menegaskan komitmen Adira Finance dalam menghadirkan layanan yang berfokus padapelanggan, dengan solusi finansial yang relevan, mudah diakses, dan memberi manfaat nyata.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.