Hujan Lebat di Lereng Gunung Agung, Rumah Warga Tertimpa Longsor | Bali Tribune
Diposting : 14 April 2024 20:46
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / LONGSOR - Tampak bagian rumah warga di Desa Ban, Kubu, yang tertimpa material longsoran.

balitribune.co.id | AmlapuraHujan lebat yang mengguyur lereng utara Gunung Agung, mengakibatkan terjadinya bencana longsor. Di Banjar Dinas Pengalusan, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Karangasem, rumah milik I Ketut Siman, mengalami kerusakan yang cukup parah akibat tertimpa material senderan tebing yang longsor.

Dari pantauan Bali Tribune, Sabtu (13/4), bagian tembok dalah satu kamar bangunan rumah milik Ketut Siman mengalami keretakan dan nyaris ambruk. Ketut Siman menjelaskan, saat sebelum kejadian memang terjadi hujan yang sangat lebat selama hampir seharian penuh. "Saat itu hujan lebat selama seharian, waktu itu sata sedang berada di luar rumah atau ditempat lain. Nah sekitar pukul 15.00 Wita saya ditelpon sama tetangga katanya rumah saya tertimpa material longsoran, makanya saya langsung pulang," ungkap Siman.

Setela diperiksa, bagian tembok salah satu kamar di rumahnya itu sudah retak parah dan nyaris ambruk. Untuk menggindari resiko lebih parah, dia dengan dibantu warga lainnya berupaya untuk memversihkan material longsoran. Sementara kamarnya yang tertimpa longsor sudah di kosongkan. Melihat kerusakan yang cukup parah dan untuk menghindari resiko bahaya, untuk sementara waktu rumahnya dikosongkan dan dia bersama keluarganya terpaksa menumpang di rumah kerabatnya.

Sementara itu, usai menerima lapiran kejadian tersebut, sejumlah anggota TRC BPBD Karangasem langsung meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan jerusakan sekaligus asesment. "Itu bagian senderan rumah yang ambruk dan menimpa bangunan di bawahnya. Sudah dilakukan pengecekkan dan asesmeng oleh anggota yang ke lokasi," ujar Kalak BPBD Karangasem Ida Ketut Arimbawa.