Maling Satroni Pura Dalem Banyuasri, 40 Bilah Gong Raib | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 15 April 2024
Diposting : 22 February 2024 04:23
CHA - Bali Tribune
Bali Tribune / USAI PENCURIAN - Gong di Pura Dalem Banyuasri Kecamatan Buleleng, Buleleng usai kejadian pencurian bilah gong.

balitribune.co.id | SingarajaPencurian di Pura Dalem Banyuasri, Kelurahan Banyuasri  Buleleng, tergolong nekad. Sebanyak 40 bilah gong raib dari tempat penyimpanan akibat dicuri. Hilangnya bilah gong tersebut diketahui pada Rabu (21/2) pagi. Polisi yang mendapat laporan pencurian itu saat ini tengah melakukan penyelidikan.

Klian adat/Bendesa Adat Banyuasri Nyoman Mangku Widiasa membenarkan sebanyak 40 bunga (bilah) gong gangsa yang terbuat dari kuningan hilang dicuri dari tempat penyimpanan kbusus alat musik tradisional di Pura Dalem Banyuasri.

Untuk sampai ditempat itu tidak mudah karena masuk kawasan suci. Tempat tersebut juga dikelilingi tembok tinggi bahkan melewati dua pintu gerbang yang tergembok.

Ia menduga pelaku masuk dengan cara melompat tembok.  "Sekitar 40 bilah gong hilang. Posisi penyimpanan gong sudah tertutup sekali, bahkan sudah lama disimpan di sana. Kemungkinan pencuri meloncati  tembok untuk melakukan aksinya," kata Mangku Widiasa, Rabu (21/2).

Ditambahkan,peralatan gong memang disimpan di Pura Dalem Banyuasri mengingat tempat itu menjadi kawasan suci dan khusus untuk sembahyang. Menurut Mangku ia tidak memiliki kekhawatiran akan kehilangan alat musik tradisional itu. Apalagi, sekaha trima sekitar sering menggunakannya untuk latihan hingga malam. "Tempat itu tidak dijaga karena   berada ditempat suci. Kemungkinan malamnya memang sepi karena juga bukan hari sembahyang. Tapi tertutup, pintunya lapis dua, tembok tinggi juga, mungkin ada celah karena sepi," sambungnya.

Mangku tak berani memastikan jumlah kerugian akibat hilangnya bilah gong gangsa. Tetapi bila dirinci, satu bilah gong gangsa seharga Rp 400 ribu sampai Rp 500 ribu. Ia juga menambahkan bahwa pihaknya sudah melaporkan peristiwa pencurian ini ke polisi.

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Polres Buleleng AKP Gede Darma Diatmika membenarkan pihaknya menerima laporan adanya pencurian prangkat gong di Pura Dalem Banyuasri.Saat ini polisi tengah melakukan penyelidikan termasuk  mendatangi lokasi kejadian untuk mengumpulkan keterangan. "Kami tengah melakukan penyelidikan dan anggota sudah di TKP tadi," ucap AKP Darma Diatmika.