Ngerastitiang Karya Nyekah, Wayan Suyasa Puji Semangat Gotong Royong Masyarakat di Tengah Pandemi | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 18 September 2021
Diposting : 30 July 2021 14:23
ANA - Bali Tribune
Bali Tribune / Ketua DPD Golkar Badung Wayan Suyasa, SH., didampingi Ketua PK Petang Nyoman Suka menyerahkan punia kepada panitia Karya Pitra Yadnya Nyekah di Desa Getasan, Petang, Jumat (31/7).
balitribune.co.id | Mangupura - Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Badung I Wayan Suyasa, SH., Jumat (30/7) menghadiri karya Pitra Yadnya, Nyekah di Desa Getasan, Kecamatan Petang, Badung, bertempat di Wantilan Pura Hyang Api, desa setempat.
 
Kehadiran politisi asal Desa Penarungan, Mengwi, yang juga Wakil Ketua I DPRD Badung ini guna turut ngerastitiang  (mendoakan) agar upacara yang puncaknya berlangsung Sabtu (31/7) ini berjalan lancar lan labda karya.
 
Turut hadir mendampingi Ketua PK Golkar Petang yang juga anggota DPRD Badung I Nyoman Suka beserta jajaran.
 
Dalam kesempatan tersebut, Wayan Suyasa sempat menyaksikan langsung dan berbaur dengan prajuru adat dan masyarakat yang tengah mempersiapkan sarana aci upakara. 
 
Ia pun mengaku bangga, pasalnya ditengah Pandemi Covid-19, masyarakat Desa Getasan, Petang bisa bahu membahu melaksanakan yadnya suci pitra yadnya secara berkelompok dengan dana swadaya.
 
“Kami sangat mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat Desa Getasan dalam melaksanakan upacara nyekah meskipun ditengah suasana Pandemi Covid-19. Apalagi yadnya suci ini dilaksanakan secara swadaya,” ujarnya.
 
Wayan Suyasa bersama Nyoman Suka mengaku turut ngerastitiang (mendoakan) agar nyekah memukur sebagai dharmaning leluhur ini berjalan labda karya tur sida sidaning don sampai ngelinggihan di masing-masing merajan.
 
Tak lupa mereka juga mengingatkan agar selama upacara berlangsung karena melibatkan banyak orang, agar protokol kesehatan (Prokes) tetap ditaati  untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19.
 
“Saya turut mendoakan agar yadnya suci ini berjalan lancar. Dan jangan lupa karena kita masih dalam suasana Pandemi agar Prokes tetap dijalankan,” katanya.
 
Sebagai bentuk bhakti dan dukungan terhadap pelaksanaan upacara ini, Wayan Suyasa menyerahkan dana punia sebesar Rp 7,5 juta dan Nyoman Suka sebesar Rp 1 juta. 
 
Sementara Ketua Panitia I Gede Arsadi  dalam penyambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kehadiran pimpinan Golkar Badung. Pihaknya pun mohon doa restu agar upacara ini berjalan lancar. Dimana Jumat siang (31/7) akan dilaksanakan upacara ngangget don bingin, kemudian berlanjut puncak upacara akan dilaksanakan pada Sabtu (31/7). 
 
Lebih lanjut dikatakan bahwa upacara Pitra Yadnya Nyekah ini diikuti oleh 29 sawa, metatah 37 orang dan metelu bulanan 42 orang. Kegiatan upacara ini memakai dana swadaya, dimana  masing-masing sawa dikenakan urunan sebesar Rp 5 juta. 
 
Selama kegiatan berlangsung pihaknya tetap menerapkan Prokes secara ketat.

Hukum & Kriminal

Terpopuler