Penumpang Viking Sun Jalan-jalan di Pasar Badung | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 19 September 2020
Diposting : 9 March 2020 00:38
I Wayan Sudarsana - Bali Tribune
Bali Tribune/JALAN-JALAN - Sejumlah wisatawan diduga penumpang kapal pesiar Viking Sun kedapatan jalan-jalan di Pasar Badung, Denpasar, Minggu (8/3).
Balitribune.co.id | Denpasar - Sejumlah wisatawan diduga penumpang kapal pesiar Viking Sun terlihat jalan-jalan di Pasar Badung, Denpasar, Minggu (8/3). Dari informasi yang diperoleh di lokasi, diketahui penumpang kapal pesiar Viking Sun ini mengunjungi  Pasar Badung sekitar pukul 11.00 Wita.
 
"Tadi datang sekitar jam 11. Awalnya dikira tamu biasa, karena jumlahnya juga tidak terlalu banyak, setelah dilihat ternyata guide-nya pegang papan kecil bertuliskan Viking Sun 23. Makanya tadi ada beberapa warga yang berusaha ambil foto," kata salah seorang warga di lokasi.
 
Warga tersebut mengatakan, menyadari bahwa ada yang berusaha mendokumentasikan kegiatan mereka melalui kamera ponsel, sejumlah wisatawan tersebut berkunjung tidak terlalu lama dan cepat masuk ke bus.
 
"Tadi sebentar saja, terlihat bawa barang belanjaan, mungkin sempat berbelanja di Pasar Badung. Mereka buru-buru bergegas masuk mobil karena ada beberapa orang mengabadikan kegiatan mereka," ujar warga yang enggan ditulis namanya.
 
Dikonfirmasi terpisah, Pemerintah Kota Denpasar mengaku belum mendapatkan pemberitahuan terkait keberadaan penumpang kapal pesiar Viking Sun yang jalan-jalan di Pasar Badung.
 
Kepala Bagian (Kabag) Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, Dewa Gede Rai  mengaku tak ada pemberitahuan ke pihak Pemkot terkait hal itu. "Saya cek ke Dirut Pasar tidak tahu, ke Dinas Pariwisata juga tidak ada pemberitahuan," kata Dewa Rai.
 
 Ia menambahkan, sesuai kesepakatan sebelumnya kapal ini ditunda sandar sampai ada pernyataan kesehatan mereka clear. "Sekarang coba cek, apakah sudah ada. Coba tanyakan ke Kadis Kesehatan Provinsi. Kalau sudah ya mungkin boleh turun sandar," katanya.
 
Jumat (6/3) lalu, Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra dan Gubernur Wayan Koster melakukan pertemuan di rumah jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha Denpasar membahas terkait antisipasi kesiapsiagaan penyebaran corona virus disease (COVID-19).
 
Hadir pula dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar AA Ngurah Rai Iswara, Asisten I Sekda Kota Denpasar, Made Toya, Kadis Kesehatan Provinsi Bali, Kadis Perhubungan Provinsi Bali, serta Kabag Humas dan Protokol Setda Denpasar Dewa Gede Rai.
 
Kesepakatan ini juga tidak terlepas dari informasi serta penundaan kunjungan Kapal Pesiar Viking Sun di Semarang dan Surabaya lewat surat penundaan dari kepala daerah setempat. Dalam pertemuan tersebut Walikota dan Gubernur sepakat untuk menunda kedatangan Kapal Pesiar Viking Sun untuk bersandar di Pelabuhan Benoa. Disamping itu, penundaan ini juga akan diberlakukan bagi kapal pesiar lainnya yang pernah singgah di negara terjangkit COVID-19.