RSU Klungkung Siapkan Alat EEG bagi Penderita Epilepsi | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 28 September 2020
Diposting : 23 July 2020 23:10
HIU - Bali Tribune
Bali Tribune/ dr Nyoman Kesuma, MPH
 
Balitribune.co.id | Semarapura - Kondisi penanganan kesehatan di RSU Klungkung terus ditingkatkan. Tahun ini RSUD Klungkung mengadakan alat kesehatan penunjang diagnostik untiuk para penderita  penyakit saraf otak berupa Elektro Enchepalography atau EEG yang lebih canggih dibandingkan alat EEG yang ada sebelumnya. 
 
Menurut Dirut RSU Klungkung dr Nyoman Kesuma, alat ini berfungsi merekam  pada otak,sehingga  penyakit yang dialami pasien bisa lebih dini duketahui kelainan saraf otaknya yang terganggu. Alat canggih ini sangat berguna untuk mengetahui penyebab kejang kejang seperti pada penderita penyakit epilepsi. Alat EEG juga berperan dalam menegakkan diagnosa dan terapi penyakit tumor otak, kerusakan otak akibat cedera kepala, disfungsi otak yang dapat memiliki berbagai penyebab (ensefalopati), peradangan otak (ensefalitis), trauma pada kepala, dan gangguan tidur.
 
Sementara terkait biaya untuk pemeriksaan ini bagi peserta jaminan kesehatan nasional ditanggung dalam paket klaim layanan pasien oleh BPJS kesehatan sedangkan utk pasien non JKN dikenakan tarif yang tidak terlalu mahal sesuai Peraturan Bupati nomor 37 tahun 2017. "Alat ini merupakan alat EEG  yang paling canggih yang hanya dimiliki oleh RSUD Kabupaten Klungkung untuk kawasan Bali Timur sehingga banyak pasien dari RS lain dirujuk ke  untuk mendapatkan pemeriksaan EEG ini," ujar dr Nyoman Kesuma.