Kepuasan Pelayanan Picu Kedatangan Turis Berkualitas | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 22 Desember 2024
Diposting : 30 July 2016 11:17
ayu eka - Bali Tribune
bandara
Sejumlah turis saat tiba di terminal internasional Bandara Ngurah Rai

Bali Tribune - Pelaku industri pariwisata Bali berharap melalui sertifikat standar sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 untuk Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara dari United Register of Systems (URS) Services Indonesia yang diserahkan kepada Bandara I Gusti Ngurah Rai dapat memicu peningkatan kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) ke Bali.
Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Bali, Ida Bagus Agung Partha Adnyana mengatakan bahwa sertifikat berstandar internasional yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi Inggris ini tentunya memberikan image positif untuk Bali sebagai salah satu destinasi wisata dunia. 

"Karena image positif, harapan saya jumlah wisatawan terutama yang berkualitas meningkat," katanya ketika dikonfirmasi Jumat (29/7).
Pihaknya juga berharap pelayanan kepada penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai kedepannya tetap dilakukan perbaikan. Sebab menurut Agung Partha, ketidaknyamanan masih terjadi di penjemputan international. 

"Bandara adalah lobby kalau seperti halnya di hotel, secara image sudah pasti akan bisa memicu kedatangan wisman," tegasnya.
Sementara itu Senior Auditor PT. URS Services Indonesia, Franklin Samuel P, mengatakan Bandara I Gusti Ngurah Rai mendapatkan keuntungan dari sertifikasi ISO 9001:2008 karena diakreditasi oleh United Kingdom Accreditation Services (UKAS).
Menurutnya keuntungan tersebut adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai telah mendapatkan pengakuan dari internasional sehingga memicu nilai jual yang lebih tinggi.
"Pengakuan internasional, kepercayaan dari mata dunia internasional akan bisa lebih didapat. Melalui ISO 9001:2008 Bandara Ngurah Rai juga mendapatkan 2 logo yaitu dari URS dan UKAS. Dengan ISO ini paling tidak wisatawan yang pernah datang tahu bahwa kualitas dari Bandara Ngurah Rai diakui secara internasional," sebut Franklin.
General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Trikora Hardjo menyatakan bahwa pola manajemen mutu dan pemberian pelayanan kepada penumpang di Bandara I Gusti Ngurah Rai telah diakui oleh Pemerintah Inggris. Dengan diserahkannya sertifikat ini tentunya tidak hanya mendatangkan wisatawan dari Inggris, wisatawan dunia juga akan melihat bagaimana kualitas pelayanan di Bandara Ngurah Rai mulai dari keselamatan, keamanan dan pelayanan.

"Dari kategori ini atau dalam sertifikat pencapaian ini tentunya akan menarik wisatawan tidak hanya dari Inggris tapi dari seluruh dunia akan tertarik datang ke Bali. Dan tampaknya pendapatan di sekitar pariwisata di Bali akan meningkat dan Indonesia pada umumnya," bebernya.