Bali,  Paling Diminati Turis India | Bali Tribune
Bali Tribune, Rabu 28 Februari 2024
Diposting : 3 December 2023 19:19
YUE - Bali Tribune
Bali Tribune / MENDARAT - Turis India yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai setelah melakukan perjalanan udara selama 8 jam dari Delhi

balitribune.co.id | BadungBerdasarkan data Kantor Imigrasi Ngurah Rai, wisatawan mancanegara (wisman) berpaspor India menempati urutan ketiga terbanyak yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali saat sebelum pandemi Covid-19 yakni tahun 2019 tercatat 377.543 jiwa. Jumlah ini mencakup sebesar 9% dari keseluruhan wisman yang tiba di Bali melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai di tahun 2019 sebanyak 6.298.852 wisatawan.

Kedatangan turis India ke Bali pasca-pandemi ini diharapkan kembali bangkit seperti sebelum pandemi. Hal tersebut didorong dengan adanya penerbangan langsung dari India ke Bali dan sebaliknya. Direktur Utama Angkasa Pura 1, Faik Fahmi menyatakan antusiasme dan optimisme terhadap pembukaan rute penerbangan langsung Delhi (India)-Bali-Delhi yang mulai beroperasi 1 Desember 2023 oleh maskapai asal India. 

Pembukaan rute penerbangan ini sekaligus mencatat sejarah terhubungnya India-Bali melalui penerbangan langsung. Sebelumnya, rute India-Bali hanya dilayani melalui penerbangan lanjutan atau tidak langsung. Dibukanya rute penerbangan tersebut sekaligus diharapkan akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap pariwisata di Bali. 

Pasalnya, sebelum pandemi Covid-19, wisatawan asal India menempati urutan ketiga untuk jumlah kedatangan wisman di Bali setelah wisman Australia dan Tiongkok. "Rute penerbangan langsung ini kami optimistis akan turut menggenjot angka jumlah wisatawan asal India di Bali," ujar Faik Fahmi.

CEO Vistara, Vinod Kannan mengatakan, Bali adalah salah satu dari tujuan wisata paling diminati bagi wisatawan asal India.  "Kami menjadi satu-satunya maskapai yang saat ini melayani rute penerbangan langsung antara Delhi dengan Bali. Dengan kedekatan hubungan dagang dan budaya antara India dengan Indonesia, Bali secara cepat mengalami pertumbuhan menjadi destinasi utama bagi para pebisnis dan untuk tujuan MICE (meeting, incentive, convention and exhibition)," jelasnya.

Penerbangan langsung Delhi-Bali-Delhi ini dijadwalkan beroperasi setiap hari. Beroperasinya rute Delhi-Bali-Delhi sekaligus menambah jumlah rute penerbangan internasional yang dilayani Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi 37 rute dengan 37 maskapai penerbangan.