Dermaga Cruise Tanah Ampo Berubah Jadi Dermaga Galian C | Bali Tribune
Bali Tribune, Selasa 25 Juni 2024
Diposting : 15 August 2022 21:52
AGS - Bali Tribune
Bali Tribune / MENYEDIHKAN - Dermaga Cruise Internasional Tanah Ampo, Manggis, Karangasem kini menjadi Dermaga Galian C.

balitribune.co.id | AmlapuraKondisi Dermaga Cruise Internasional Tanah Ampo, Manggis, Karangasem, makin menyedihkan. Dermaga yang mestinya disandari kapal Cruise membawa ribuan wisatawan asing yang bisa memberikan efek domino bagi pariwisata dan perkembangan perekonomian warga, kini berubah fungsi menjadi dermaga pelabuhan Galian C.

Saat ini setiap harinya, ada dua trip kapal LCT memuat truk pengangkut material galian C seperti pasir, batu dan koral yang bongkar muat di Dermaga Cruise Internasional tersebut. Dan terkait berubah fungsinya Dermaga Cruise Internasional tersebut menjadi dermaga pelabuhan Galian C, baik Pemkab Karangasem maupun Anggota DPRD Karangasem malah senyap.

Padahal saat KSOP Padang Bai yang memiliki hak mengelola mencoba menghidupkan kembali aktifitas dermaga tersebut untuk tempat berlabuh atau sandar kapal penumpang KM Mutiara Ferindo VII yang melayani penyebrangan dari Tanah Ampo tujuan Pelabuhan Gili Mas, Lombok, pada Februari 2021 lalu, sebagian anggota DPRD Karangasem langsung berteriak menolak dan meminta agar Dermaga Cruise Internasional tanah Ampo tersebut dikembalikan fungsinya sebagai Dermaga Cruise Tanah Ampo. Sayangnya saat ini Dermaga Cruise Internasional tersebut malah menjadi pelabuhan Galian C, dan Pemkab maupun DPRD Karangasem malah diam, dan tidak garang lagi mengajukan protes.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Padang Bai Ni Luh Putu Eka Suyasmin ketika dikonfirmasi terkait alih fungsi Dermaga Cruise Internasional Tanah Ampo tersebut menjadi Dermaga Pelabuhan Galian C, Senin (15/8), membenarkannya. Dikatakannya, setiap harinya ada dua trip kapal LCT yang melakukan bongkar muat kendaraan pengangkut material Galian C dari dan menuju Pulau Nusa Penida, Klungkung. “Benar digunakan untuk bongkar muat kapal pengangkut material Galian C tujuan Nusa Penida. Untuk mendukung proyek di Nusa Penida,” kilahnya.

Ia mengingatkan jika saat ini Dermaga Cruise Internasional Tanah Ampo sudah berubah status menjadi Pelabuhan Pengumpul. Karena ada aktifitas bongkar muat kapal di dermaga pelabuhan tersebut, maka pihaknya menugaskan anggotanya untuk memantau sekaligus melayani clearance kapal yang sandar di dermaga tersebut.

Bendesa Adat Tanah Ampo I Putu Budiarta ketika dihubungi juga membenarkan terkait aktifitas bngkar muat kapal pengangkut Truk Galian C. “Ya benar, kami sebelumnya diundang rapat oleh KSOP terkait hal ini. Dan pengelolaan dermaga tersebut menjadi kewenangan KSOP. Cuman memang ada punia ke Desa Adat,” bebernya.

Ketua Komisi II DPRD Karangasem I Komang Sartika, kepada media ini mengaku sama sekakli tidak mengetahui jika Dermaga Cruise Internasional tersebut dijadikan Dermaga Galian C. “Mohon maaf kami tidak mengetahui hal ini, sejak kapan menjadi Dermaga Galian C? sampai sekarang kami belum menerima surat apapun terkait hal ini dari Dinas Perhubungan. Jadi maaf belum bisa komentar banyak, biar tidak salah. Hahbis Tanggal 17 Agustus kami panggil Kadis Pehubungan untuk memenanyakan ini,” komentarnya.