Diposting : 6 March 2022 23:54
JOK - Bali Tribune
balitribune.co.id | Mangupura - Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk menyambut baik kedatangan puluhan wisatawan mancanegara (wisman) asal Australia, penerbangan ini selain sebagai penghubung kedua negara juga sejalan dengan pemulihan pariwisata dan ekonomi Bali yang sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19.
"Semoga kedatangan peberbangan internasional ini dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat internasional untuk berwisata di Bali dengan tetap mengoptimalkan implementasi protokol kesehatan yang dapat menimbulkan multiplier effect positif terhadap pertumbuhan perekonomian di Provinsi Bali khususnya," harap Jamaruli Manihuruk di sela memantau dan melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah wisman yang baru datang ke Bali dengan menggunakan penerbangan komersial Garuda Indonesia di Bandara I Gusti Ngurah Rai, akhir pekan lalu.
Para petugas pendaratan dan izin masuk di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Ngurah Rai juga turut melakukan pengawasan, pemeriksaan, dan pemberian izin masuk terhadap kru serta penumpang pesawat Garuda Indonesia bernomor GA 715 dengan rute Sydney (SYD) menuju Denpasar (DPS) Bali yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.
Hal ini merupakan kedatangan pesawat pertama dari Australia selama pandemi Covid-19. Kedatangan pesawat Garuda Indonesia tersebut membawa 13 kru yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dan 61 penumpang, terdiri dari 31 warga Australia, 27 WNI, 2 warga New Zealand, dan seorang warga Polandia.
Petugas Imigrasi TPI Bandara I Gusti Ngurah Rai melakukan proses clearance pemeriksaan keimigrasian dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan (prokes), mulai dari wajib menggunakan masker dengan benar, sarung tangan, hand sanitizer dan tetap menjaga jarak aman.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Ngurah Rai I Nyoman Gede Surya Mataram menyampaikan, petugas imigrasi di konter-konter pemeriksaan siap menyambut para wisman yang mulai berdatangan ke Bali dan melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian sesuai dengan SOP.