Kencan Singkat Jimny 5 Pintu ‘Pengoperasin Tuas Penggerak Roda (TC)  Praktis’ | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 15 April 2024
Diposting : 2 March 2024 06:13
HEN - Bali Tribune
Bali Tribune / LAUNCHING - Suzuki Jimny 5 Pintu Resmi Diperkenalkan di Bali PADA Jumat (1/3).

balitribune.co.id | Pengoperasin tuas penggerak roda, Transfer Case (TC) mode 2H (2 High), 4H (4 High), dan 4L (4 Low) di Suzuki Jimny 5 Pintu sangat praktis. Untuk mengoperasikan mode 4 H ataupun 4 L sangat gampang. Cukup mendorong tuas TC ke arah bawah.Bahkan untuk mode 4H ketika ingin mengganti mode 2H ke 4 H tuas transmisi tak mesti di posisi Netral.  

Mudah dan sangat praktis. Berbeda generasi sebelumnya (selain 3 pintu). Pola pengoperasian tuas TC sedikit rumit, khususnya bagi pemula. Setidaknya ini yang Bali Tribune rasakan saat test drive singkat disela-sela launching Jimny 5 Pintu wilayah Bali, Jumat (1/3). 

Suzuki Jimny 5 Pintu dibekali fitur AllGrip Pro yang merupakan sistem gerak 4 roda atau lebih dikenal 4x4. Fitur All GripPro tersedia di semua Jimny 5 pintu baik bertransmisi manual maupun transmisi otomatis. Adanya fitur AllGrip Pro  Jimny 5 Pintuh Tangguh  terutama di jalan off-road. 

Service Representative Manager PT Sejahtera Indobali Trada (SIT) main dealer Suzuki R4 wilayah  Bali, Juni Astawa menjelaskan, mode 2H artinya  hanya 2 roda belakang saja yang bergerak, dengan rasio gigi standar. 4H adalah mode yang sudah mengaktifkan gerak 4 roda namun tetap dengan rasio gigi standar dan Kemudian 4L, sistem gerak 4 rodanya sudah diiringi dengan rasio gigi yang lebih rendah (low).

“Mode 2H digunakan untuk pengendaraan normal. 4H untuk jalanan licin, basah dan pasir gembur. 4L dijalanan ekstrem  seperti batuan kasar, lumpur, atau bahkan tanjakan bersudut curam,” terang  dia.

Jadi mode 4L ini hanya ketika medan semakin berat, kalua digunakan kondisi normal, rasio yang kasar di 4L akan membuat mesin berputar terlalu tinggi dan gak nyaman untuk dikendarai, tambah  Juni.

Kepala Wilayah SIT, Mas Hendrawan menuturkan, Suzuki Jimny 5 Pintu  hadir  untuk menunjang aktivitas offroad, Jimny 5-door dengan karakter desain yang kuat, ditambah ruang yang lapang untuk meningkatkan pengalaman berpetualang penggunanya.

“Sejak krant indent dibuka sudah 30 unit dipesan dan untuk Bali mendapat  kuota 5-10 unit per bulan,” pungkas dia.