Diposting : 4 April 2020 08:51
I Made Darna - Bali Tribune
Bali Tribune/ PERIKSA - Para santriwati saat menjalani pemeriksaan kesehatan sesaat setelah tiba di Terminal Mengwi, Jumat (3/4/2020).
Balitribune.co.id | Mangupura - Ratusan santri dari Pondok Pesantren Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur, kembali tiba di Terminal Tipe A Mengwi, Jumat (3/4/2020). Kali ini santri yang pulang kampung ke Bali adalah santri perempuan alias santriwati.
 
Mereka diangkut dengan menggunakan tujuh bus. Yaitu 211 santri dari Badung dan santri asal Denpasar 138 orang.  
 
Kedatangan para santriwati ini pun langsung diperiksa kesehatannya oleh tim gabungan untuk memastikan mereka tidak terjangkit virus Corona (Covid-19).
 
Petugas menyemprotkan disifektan ke bus pengangkut dan barang bawaan mereka. Kemudian, satu per satu dari mereka diminta untuk mencuci tangan, dilanjutkan dengan masuk ke bilik sterilisasi, melewati petugas kesehatan guna mengukur suhu tubuh.
 
Menurut Pengawas Satgas Covid-19 LPBI NU Provinsi Bali, H Wartha D Sandi, total santri yang tiba di Terminal Mengwi mencapai 211 orang. Santri ini berasal dari pondok pesantren di Sukorejo, Situbondo.
 
Berdasarkan surat sehat dan hasil karantina di pesantren selama 14 hari, mereka dinyatakan sehat semua. Selain itu sesuai standar operational prosedur (SOP) pemeriksaan yang diberlakukan pada setiap santri yang tiba juga telah sesuai dengan arahan pemerintah melalui Satgas Covid-19 di provinsi. Yakni pertama, mengecek dokumen para santri, kalau sudah lengkap baru diperkenankan turun satu persatu, cuci tangan hingga cek kesehatan.
 
“Kami lakukan pengecekan ulang disini (terminal –red) semua dinyatakan lolos,” katanya.