Lomba Kuliner Libatkan Seka Teruna Hingga Komunitas Pelajar | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 19 September 2020
Diposting : 23 February 2020 21:02
A.A. Samudra Dinata - Bali Tribune
Bali Tribune / Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta membuka Festival Kuliner

balitribune.co.id | Bangli - Lomba kuliner yang diadakan serangkian HUT PDIP ke 47  yang berlangsung di lapangan Kilobar, Desa Tamanbali Kecamatan Bangli melibatkan seke teruna hingga pelajar. Sebanyak lima belas peserta mengikuti lomba  yang dibuka oleh Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Minggu (23/2).

Ditemui disela- sela lomba, Ketua DPC PDIP Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta  yang didampingi koordinator kegiatan, I Gusti Komang Bagus Triana Putra mengatakan adapun diselenggarakannya  kegiatan lomba kuliner  serangkian menyambut HUT PDIP ke 47.  Kegiatan lomba  bertujuan untuk memberikan ruang generasi muda untuk bekreatifitas di bidang kuliner. “Ini juga implementasi program gubernur berdikari di bidang ekomoni. Kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan UMKM di Bangli,” jelas calon bupati Bnagli ini.

Sebut Sang Nyoman Sedana Arta yang juga Wakil Bupati Bangli ini kegiatan lomba kuliner diikuti 15 perserta,  yakni berasal  dari  perwakilan seke teruna, pelaku UMKM dan komunitas sekolah. “Sejatinya setelah technical meeting banyak peserta yang mendaftar namun  disepakati  hanya untuk  15 peserta saja,” ungkap Sedana Arta.

Lanjut  Sedana  Arta jika mengacu  kreteria lomba yakni  jenis  olahan  berbahan ikan  laut  namun karena di Bangli tidak memiliki laut maka olahan menggunakan ikan air tawar. Selain itu menu yang disajikan  steril dari penyedap. “Setiap  kelompok beranggotakan 7 orang, yakni 5 orang bertugas memasak dan 2 orang lagi tugasnya menjelaskan kepada juri terkait proses pengolahan ,” jelas  Sedana Arta.

Begitu pula dalam penyajian tidak ada yang menggunakan plastik. "Masing-masing perserta diberikan waktu 3 jam untuk mengolah bahan makanan. Untuk olahanan memang makanan dan minuman tradisional. Tidak diperkenakan membawa bahan yang sudah matang atau setengah jadi. Diawal sudah dicek oleh juri," jelas Sedana Arta seraya menambahkan  tim juri  yang dilibatkan  merupakan professional dari  Indonesia  Chef  Association (ICA).

Disinggung terkait hadiah lomba kuliner   kata Sedana Arta  panitia menyipakan hadiah  yakni untuk juara I mendapat  uang sebesar Rp 5 juta, juara II Rp 3,5 Juta, juara III Rp 3 juta dan harapan I  sebesar Rp 2,5 juta. “Selain hadiah bagi juara seluruh peserta lomba mendapat uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta,” kata  Sedana Arta.  Bagi pemenang juara 1 dalam lomba kali ini  nanti akan diikutkan dalam lomba kuliner di tingkat  provinsi. Selain kegiatan lomba kuliner bersamaa juga dilangsungkan kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis.