Lomba Olahan Pangan Beragam dan Berimbang Warnai Puncak HUT Kota Denpasar | Bali Tribune
Bali Tribune, Minggu 14 Juli 2024
Diposting : 28 February 2022 17:50
YAN - Bali Tribune
Bali Tribune / LOMBA - Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba olahan pangan beragam dan berimbang di di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Denpasar Minggu (27/2).
 
balitribune.co.id | DenpasarMemeriahkan Puncak HUT ke 234 tahun Kota Denpasar, Pemerintah Kota Denpasar melalui Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar menggelar lomba Olahan Pangan Beragam dan Berimbang (B2) yang diikuti PKK Desa/Kelurahan  se  Kota Denpasar di Gedung Dharma Negara Alaya Lumintang Denpasar Minggu (27/2).
Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengolah aneka bahan makanan, serta mengubah pola makan masyarakat agar tidak fokus ke beras.  Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara untuk meninjau sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang, di dampingi  Istri Wakil Walikota Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Ketua Gatriwara DPRD Kota Denpasar Ni Made Ayu Purnawati dan Ketua DWP Kota Denpasar Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana. 
 
Disaksikan langsung Walikota Denpasar IGN Jaya Negara, Wakil Walikota I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar I Gusti Ngurah Gede dan Sekda Kota Denpasar IB Alit Wiradana. 
 
Disela-sela acara Walikota Denpasar IGN Jaya Negara mengatakan, kegiatan ini serangkaian HUT ke 234 Tahun Kota Denpasar. Hal ini juga sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengolah makanan yang mengandung karbohidrat. Selama ini, kata dia, karbohidrat yang dikenal masyarakat hanya beras dan bahan tepung.“Kita harus mulai mengenal dan mengolah karbohidrat dari bahan lain selain nasi dan tepung. Karena jumlah lahan pertanian kita semakin berkurang sementara jumlah penduduk terus bertambah, jadi kita harus kreatif mencari alternatif karbohidrat, misalnya dari umbi-umbian,” kata Jaya Negara. 
 
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara menambahkan, dengan dilaksanakan lomba ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat khususnya para kader penggerak PKK di Desa/Kelurahan se Kota Denpasar untuk bisa mengelola  makanan non beras yang beragam dan berimbang. “Sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat dan mencegah stunting,” kata Sagung Antari Jaya Negara.
 
Sementara itu Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar I Made Saryawan mengatakan,lomba olahan pangan beragam berimbang itu difokuskan pada makanan non beras. Hal ini dilombakan agar masyarakat bisa  beralih ke makanan non beras. Serta  ingin mengubah pola makan masyarakat agar tidak fokus ke beras saja. “Masih banyak  bahan lain yang dimanfaatkan seperti ubi, jagung dan lain sebagainya,” kata Saryawan.
 
Tidak hanya itu dengan lomba ini agar masyarakat mengetahui cara mengelola pangan non beras dengan baik.  Peserta yang dilibatkan dalam lomba ini adalah Desa/Lurah se Kota Denpasar. Setiap kecamatan diikuti 5 tim satu tim terdiri dari 3 orang, sehingga semua peserta berjumlah 20 tim. pihaknya juga memberikan apresiasi kepada Desa/Kelurahan dan Kecamatan atas antusias peserta luar bisa dalam  menyambut HUT tahun ini dengan semangat Vasudheiva Kutumbakam. Lomba ini memperebutkan juara I, II, III, harapan I, II dan III.  Dengan melibatkan dewan juri dari Indonesia Chef Association (ICA). 
 
Juri sekaligus Ketua Indonesia Chef Association Bali Chapter (ICA BPD Bali) I Gede Putu Hendra Mahena mengatakan,  Nilai tertinggi untuk mendapatkan juara adalah rasa, kedua kreatifitas baru kreasi dan lain lain. Dari hasil penilaian pihaknya memutuskan  Juara I diraih oleh Desa Dauh Puri Kaja , Juara II Desa Penatih Dangin Puri, Juara III Desa Pemogan, Harapan I Kelurahan Kesiman, Harapan II Desa Dangin Puri Kauh dan Harapan III Kelurahan Tonja.