Panduan Lengkap Cara Memilih Treadmill yang Tepat Sesuai Kebutuhan | Bali Tribune
Bali Tribune, Senin 15 April 2024
Diposting : 22 February 2024 12:41
RED - Bali Tribune
Bali Tribune/ ILUSTRASI (ist)

balitribune.co.id | Kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga merupakan hal yang positif. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran, Anda tidak harus selalu pergi keluar rumah karena dapat menggunakan berbagai peralatan, termasuk treadmill. Cara memilih treadmill yang benar perlu diperhatikan sebelum Anda membelinya. 

Berdasarkan pada situs Halodoc manfaat olahraga sangat banyak, diantaranya dapat mendukung pertumbuhan secara optimal, menjaga tubuh tetap bugar dan fit, serta memperbaiki postur tubuh. Tentu saja Anda harus memilih jenis olahraga sesuai kebutuhan. salah satu jenis olahraga yang banyak pilihan adalah menggunakan treadmill. 

Panduan Lengkap Cara Memilih Treadmill yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Treadmill adalah sebuah alat olahraga inovatif yang dapat digunakan untuk menggantikan aktivitas di alam seperti lari, jalan cepat hingga mendaki. Dengan alat ini Anda bisa mendapatkan manfaat olahraga tersebut tanpa harus keluar rumah. 

Jenis, model dan ukuran dari alat ini cukup beragam. Begitu juga dengan fitur yang dimiliki. Agar tidak salah, berikut beberapa poin yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli alat kesehatan tersebut. 

1. Penggunaan
Cara memilih treadmill pertama adalah dengan mempertimbangkan penggunaannya, apakah akan digunakan pribadi di rumah atau untuk commercial gym. Untuk penggunaan di rumah tentu untuk memilihnya lebih simpel karena orang yang akan menggunakan terbatas dan Anda bisa memperkirakan beratnya.

Sedangkan jika untuk commercial gym, dari sisi jumlah pengguna pasti banyak dengan berbagai berat badan sehingga membutuhkan peralatan yang lebih kuat. Begitu juga dengan kapasitas gym. Untuk gym dengan kapasitas banyak membutuhkan alat yang jauh lebih kuat. Sebaiknya pertimbangkan juga fitur yang terdapat pada alat tersebut. 

2. Penggerak
Treadmill digerakkan menggunakan motor khusus. Terdapat dua jenis motor yang bisa menjadi pilihan, yaitu tipe AC dan DC. Biasanya untuk penggunaan sendiri atau home use treadmill banyak yang memilih jenis motor DC. Sebaliknya, untuk commercial use lebih banyak yang memilih jenis motor AC.

Kedua jenis motor ini berbeda pada sumber power. Jenis AC menggunakan sumber arus bolak balik sedangkan jenis DC menggunakan motor berarus satu arah seperti dari sumber pada baterai atau aki.

Kelemahan jenis DC adalah apabila intensitas penggunaan tinggi dapat menjadi panas. Selain itu, kelemahan dari jenis DC adalah membutuhkan perawatan yang benar dan berkala. Anda juga perlu membatasi speed dan beban dari pengguna agar treadmill lebih awet.

3. Rating berat
Weight rating sangat penting untuk menjadi pertimbangan ketika Anda membeli treadmill. Dalam produk yang dibeli biasanya sudah tercantum saran berat pengguna yang diperbolehkan agar alat tidak mudah rusak.

Hal ini berkaitan dengan kemampuan kerja dan ukuran dari bagian alat tersebut seperti deck treadmill, cushion pada treadmill, dan sebagainya. Jika berat pengguna melebihi ketentuan, maka spare part harus bekerja dengan ekstra sehingga mudah rusak. sebagai pertimbangan, Anda bisa memilih treadmill yang mampu menopang berat badan 25 kg dari pengguna. 

4. Kecepatan
Ukuran kecepatan merupakan hal penting yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda membeli treadmill. Pastikan produk tersebut mendukung kecepatan yang Anda butuhkan tidak hanya pada saat latihan sekarang, tetapi juga kebutuhan yang akan datang.

Rekomendasi kecepatan lari yang banyak disarankan adalah 10mph (16kmh). Namun jika Anda ingin meningkatkan intensitas lari seperti pada persiapan lomba, bisa memilih treadmill dengan minimum kecepatan maksimal 12mph (19kmh).

Untuk membeli treadmill sesuai kebutuhan cukup mudah karena tersedia di Blibli yang merupakan marketplace terpercaya di Indonesia. Blibli menyediakan berbagai jenis produk untuk olahraga yang berkualitas dengan harga terbaik. Setelah mengetahui cara memilih treadmill kini saatnya Anda untuk memiliki dengan membeli di Blibli