Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan.

Perbankan di Kawasan Wisata Sasar UKM dan Wisatawan

bank
BANK - Aktivitas pelayanan di sebuah bank di daerah Kuta.

BALI TRIBUNE - Adanya pembukaan kantor pelayanan perbankan di kawasan industri pariwisata tentunya tidak hanya mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan keuangan juga wisatawan yang sedang berlibur di Pulau Dewata. Kepala Divisi Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah Layanan dan Administrasi Bank Indonesia Provinsi Bali, Teguh Setiadi mengatakan pelayanan dari perbankan tersebut akan memperluas inklusi keuangan di Tanah Air.

"Kenapa layanan perbankan itu penting? tentu tracking data terhadap perkembangan perekonomian suatu daerah itu akan lebih mudah dilakukan daripada basisnya hanya tunai," ucapnya saat peresmian kantor kas yang akan menjadi kantor Cabang Bank Danamon Kuta, Selasa (13/3).

Regional Head PT Bank Danamon Bali-Nusa Tenggara, I Gusti Agus Indrawan mengatakan meski kantor layanan perbankan ini berada di kawasan industri pariwisata namun tetap menyasar usaha kecil dan menengah (UKM). "Kita tidak keluar dari fokus strategi bisnis kita. Secara kredit tetap ke segmen UKM Consumer lewat Mortgage, disamping syariah," ucap pria yang akrab disapa Gus Lopes ini.

Dikatakannya, di kawasan Kuta yang merupakan salah satu pusat industri pariwisata di Kabupaten Badung ini juga masyarakatnya banyak melakukan aktivitas perdagangan. "Di Kuta ini juga ada perdagangan yang bisa kita biayai. Jual beli valas juga bisa tetapi dalam bentuk tabungan valas bukan seperti money changer," cetusnya.

Dia berharap dengan menyasar perdagangan dan UKM dalam kurun waktu 3 tahun kantor baru tersebut sudah harus menunjukkan break even point (BEP). "Dengan melihat ekonomi mikro dan makro sudah mulai bertumbuh, optimis juga kinerja perbankan bisa tumbuh," kata Gus Lopes.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 8 Bali dan Nusra, Hizbullah dalam sambutannya yang disampaikan Kepala Bagian Perizinan Ambrosius Gerit Lalopoa mengatakan, sebagai bank umum konvensional terus berusaha memberikan kontribusi terbaik melalui target-target yang harus dicapai dalam rencana bisnis bank. Salah satunya peningkatan pelayanan kepada nasabah melalui pembukaan jaringan kantor baru di Bali.

Secara umum, perkembangan kinerja perbankan di Provinsi Bali menunjukkan tren positif tercermin dari fungsi intermediasi bank yang meningkat yaitu  penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sebesar 7,82 persen year on year (yoy) pada Januari 2018 yang sebagian besar berupa tabungan dan deposito masing-masing sebesar 45,44 persen dan 39,74 persen.

Kredit yang diberikan pada posisi Januari 2018 tercatat sebesar Rp 82,05 triliun meningkat 6,15 persen dari tahun sebelumnya yang sebagian besar berupa kredit sektor produktif (modal kerja dan investasi) sebesar 60,98 persen. Sedangkan dari sisi aset meningkat 7,50 persen yoy menjadi Rp 120,6 triliun.

wartawan
Ayu Eka Agustini
Category

Berlangsung Meriah, Telkomsel Ikut Semarakan Denpasar Festival ke-18

balitribune.co.id | Denpasar - Telkomsel turut berpartisipasi pada event Denpasar Festival ke-18 sebagai bentuk komitmen dalam mendukung kegiatan budaya sekaligus menghadirkan pengalaman layanan terbaik bagi masyarakat. Kehadiran Telkomsel pada perhelatan tahunan ini diwujudkan melalui booth pelayanan pelanggan yang siap melayani berbagai kebutuhan pengunjung selama acara berlangsung.

Baca Selengkapnya icon click

Tiga Langkah Kecil Pastikan Liburan Tahun Baru Masih Masuk ke Rencana Keuangan

balitribune.co.id | Denpasar - Berdasarkan data OCBC Financial Fitness Index 2025, hanya 12% menggunakan uang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan di awal tahun. 82 persennya menganggap anggaran hanyalah angan-angan. 76 persen anak muda masih habiskan uang demi ikut gaya hidup satu sama lain. Meskipun turun dari 80 persen, angka ini masih tergolong tinggi.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Desa Wisata di Bali Berhasil Raih Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan Tahun 2025

balitribune.co.id | Denpasar - Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI) mengumumkan pelaksanaan kegiatan Sertifikasi Desa Wisata Berkelanjutan. Pada tahun 2025 ini, Kemenpar RI berkolaborasi dengan salah satu bank swasta mensertifikasi 10 desa wisata di Indonesia.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads

Astra Motor Bali Hadirkan Servis Gratis Honda di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung Jelang Nataru

balitribune.co.id | Denpasar – Menyambut perayaan Natal 2025 dan Tahun Baru 2026 (Nataru), Astra Motor Bali kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan prima kepada konsumen setia Honda melalui program Servis Gratis Honda. Layanan ini berlangsung mulai 22 Desember 2025 hingga 4 Januari 2026 di Pos Pelayanan Terpadu Terminal Ubung, Denpasar.

Baca Selengkapnya icon click

PascaBanjir di Bali, Zurich Menerima Pengajuan Klaim Rp 30 Miliar Lebih

balitribune.co.id | Denpasar - PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) telah menerima laporan klaim atas lebih dari 140 polis dengan estimasi total kerugian mencapai lebih dari Rp 30 miliar terkait bencana di Bali tersebut. Sebagian besar klaim berasal dari lini asuransi properti, disusul oleh lini kendaraan bermotor.

Baca Selengkapnya icon click
Iklan icon ads
Iklan icon ads
Bagikan Berita
news

Dikeluhkan Pelaku Usaha, Dewan Badung Siap Kaji Ulang Pajak Hiburan

Lorem, ipsum dolor sit amet consectetur adipisicing elit. Aliquid, reprehenderit maiores porro repellat veritatis ipsum.