Rencana Pembangunan Reservoar PDAM Diprotes | Bali Tribune
Bali Tribune, Sabtu 16 Oktober 2021
Diposting : 11 April 2016 12:42
Agung Samudra - Bali Tribune
I Wayan Subagan

Bangli, Bali Tribune

 Warga Dusun Bangkian Sidem Desa Bangbang, Tembuku, Bangli melakukan protes terhadap rencana pembanguan reservoar di Tukad Bubuh oleh PDAM Klungkung. Protes ini muncul karena masyarakat takut jika pembangunan itu terlaksana akan mengancam kelangsungan air subak dan juga air bersih bagi warga Bangkian Sidem dan Pantunan.

Tokoh masyarakat Dusun Bangkian Sidem, I Wayan Subagan, Minggu (10/4) mengatakan, memang santer terdengar berita kalau PDAM Klungkung akan mencari sumber mata air dan langsung membangun reservoar di Tukad Bubuh yang secara geografis masuk wilayah Kabupaten Bangli.

 Menurut Subagan yang juga anggota DPRD Bangli ini, sejatinya protes tidak akan muncul jika rencana pembangunan itu tidak melewati sumber air yang kini digunakan oleh warga untuk kepentingan pertanian dan juga untuk menggerakkan kincir pelontar air untuk air bersih.

“Masyarakat kami tidak akan protes jika pencarian sumber mata air tidak sampai di hulu, yang ditakutkan warga jika mata air yang dicari sampai di hulu akan berimbas pada kecilnya air subak dan juga mengancam keberadaan kincir pelontar  air bersih,” katanya.

 Selain itu sampai saat ini pihak Pemkab Klungkung belum pernah mengutarakan atau menyampaikan rencana tersebut sehingga membuat masyarakat resah. “Kami berharap ada semacam pertemuan terlebih dahulu sebelum rencana itu dilaksanakan, ini penting dilakukan guna menghindari terjadinya gesekan di kemudian hari,” ujar Subagan.