Tersangka Kasus Gunaksa Tewas | Bali Tribune
Diposting : 10 May 2016 11:53
Ketut Sugiana - Bali Tribune
korupsi
MELAYAT - Tampak Wabup Made Kasta saat melayat jenazah Wayan Tika SH di UGD RSUD Klungkung, kemarin.

Semarapura, Bali Tribune

Asisten I Setda Klungkung I Wayan Tika SH ditemukan tewas dengan tubuh telentang serta mulut mengeluarkan darah, di ruang kerjanya, Senin (9/5). Jazad Wayan Tika ditemukan oleh seorang stafnya, dan sempat dilarikan ke UGD RSUD Klungkung.

Wayan Tika belum lama ini ditetapkan oleh Kejaksaan Negeri Klungkung sebagai tersangka kasus Dermaga Gunaksa. Sedianya, Senin kemarin ia untuk pertama kalinya menjalani pemeriksaan di Kejari Klungkung. Sehingga meninggalnya secara mendadak Wayan Tika, banyak spekulasi bermunculan.

Menurut Kasi Pidana Khusus Kejari Klungkung, Made Pasek Budiawan, kemarin, dengan meninggalnya Wayan Tika, maka kasusnya gugur demi hukum. Ia membenarkan, sejatinya kemarin hari pertama Wayan Tika diperiksa sebagai tersangka, namun keduluan meninggal dunia.

Sementara menurut penjelasan saksi mata yang juga stafnya, AA Istri Oka Kurniawati, kejadian berawal dari adanya surat disposisi Bupati Suwirta yang nenugaskan Asisten I Wayan Tika untuk mewakili bupati menerima tamu dari Kabupaten Kuantan Sengingi, Kepulauan Riau sekitar pukul 09.00 Wita, kemarin.

Saat menyerahkan disposisi, tersebut Wayan Tika sempat mengingatkan stafnya untuk jangan mengganggu dirinya karena sedang mengerjakan Rekap Bansos dari Sekda Klungkung. Namun ditunggu sampai pukul 09.50 Wita, Istri Oka Kurniawati berusaha mengingatkan Wayan Tika untuk tugas itu.

Namun alangkah kagetnya Oka Kurniawati ketika melihat Wayan Tika ditemukan dalam kondisi tergeletak di samping meja kerjanya dengan tubuh telentang di lantai karpet dengan kepala mendongak serta mulut mengeluarkan darah.

Kondisi ini membuat Oka Kurniawati panik dan lari minta tolong mendatangi staf humas dan ruang perss room untuk membantu mengangkat korban dibawa ke UGD RSUD Klungkung. Menurutnya, bosnya sekitar pukul 08.30 Wita, tepatnya usai apel kemarin, masih baik baik saja, namun sempat mengingatkan untuk jangan diganggu karena masih rekap bansos.

Sementara itu Dirut RSUD Klungkung Dr Made Kusuma memastikan I Wayan Tika saat tiba di rumah sakit sudah dalam kondisi meninggal. Hal yang sama juga dikemukakan dokter yang memeriksa I Wayan Tika di UGD, yaitu Dokter Ketut Sukrata. Menurutnya, dari hasil pemeriksaan, tubuh Wayan Tika sudah kondisi kaku anggota tubuhnya dan sudah dalam keadaan meninggal. “Saat tiba sudah kaku dan meninggal dan hasil pemeriksaan luar tidak ada tanda tanda kekerasan. Kalau mengetahui hasil dan penyebab yang pasti jazad Tika harus diotopsi,” ujar Sukrata.

Meninggalnya Wayan Tika sempat menjadi perhatian seluruh pejabat teras Pemkab Klungkung. Tampak melayat, kemarin seluruh SKPD termasuk Sekda juga tampak Bupati Nyomaan Suwirta dan Wabup Made Kasta.

Hukum & Kriminal

Terpopuler