Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur, Kabupaten Jembrana Haturkan Bhakti Penganyar | Bali Tribune
Diposting : 27 March 2022 20:31
PAM - Bali Tribune
Bali Tribune / UPACARA - Kabupaten Jembrana menghaturkan bhakti pengayar serangkaian Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur Minggu (27/3).

balitribune.co.id | NegaraPujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur di Desa Kalangananyar, Kecamatan Kintamani, Bangli kini telah berlangsung 25 hari. Setiap kabupaten/kota di Bali menghaturkan bhakti penganyar. Kabupaten Jembrana melaksanakan penganyar pada Minggu (27/3).

Pemerintah Kabupaten Jembrana melaksanakan Bhakti Penganyaran serangkaian Pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur pada Minggu (27/3/2022) bertepatan dengan Redite Paing Sinta.  Bhakti penganyar Pemkab Jembrana dipimpin secara langsung Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Ketua TP. PKK Nyonya Candrawati Tamba. Penganyar diikuti kegiatan ini Sekda I Made Budiasa, para Asisten Sekda, seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Jembrana, PHDI Kabupaten Jembrana serta perwakilan desa adat.

Bupati I Nengah Tamba mengatakan pelaksanaan Bhakti Penganyar ini merupakan wujud bakti dan penghormatan terhadap Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur, sekaligus memohon keselamatan, serta kesejahteraan alam semesta.“Kita bersama-sama memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa khususnya Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur agar menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya baik itu di Jembrana maupun Bali pada umumnya,” ungkapnya.

“Semoga dengan dilaksanakan karya ini, gering agung pandemi covid-19 segera berakhir dan perekonomian Bali bisa berangsur pulih kembali ,” imbuhnya. Bupati Tamba mengaku jika dibandingkan karya sebelumnya pemedek yang hadir untuk tangkil (hadir) ngaturang bhakti pada pujawali kali ini jauh lebih banyak. Hal ini menurutnya menandakan betapa kerinduan masyarakat untuk bisa hadir langsung ngaturang sembah bhanti kehadapan Ida Bhatara-Bhatari yang berstana di Pura Ulun Danu Batur terlebih saat berlangsungnya pujawali.

"Astungkara, seluruh rangkaian pujawali Ngusaba Kedasa di Pura Ulun Danu Batur sampai nanti Ida Bhatara-Bhatari mesineb   dapat berlangsung dengan lancar dan labda karya. Untuk masyarakat ngiring hadir ngaturang sembah bhakti namun begitu tetap mematuhi prokes," tandasnya. Sementara itu Jero Penyarikan Duuran Batur mewakili Pengemong Pura Ulun Danu Batur mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana yang sudah melaksanakan bakti penganyar serangkaian Karya Ngusaba Kedasa tahun ini.

Karya ngusaba kadasa di Pura Ulun Danu Batur, Bangli sendiri sudah dimulai sejak Rabu (2/3/2022) sampai dengan nanti tanggal (29/3) tepatnya Anggara Wage Sinta, Ida Bhatari Katurang bhakti Ngeluhur/Masineb. Untuk puncak pujawali sendiri, sudah dilaksanakan pada tanggal (17/3) pada rahina purnamaning kedasa. "Ida Betara yang berstana di Pura Ulun Danu Batur adalah Ida Betara Dewi Danu yang diyakini menjadi sumber kehidupan dan kemakmuran masyarakat Bali khususnya masyarakat subak,” paparnya.

“Ngiring sareng-sareng ngerastiti bakti (mari bersama-sama memanjatkan doa), semoga Ida Bhatara-Bhatari selalu memberikan anugrahnya sehingga kita kembali bangkit dan covid-19 segera sirna dari jagat Bali,” pungkasnya. Di akhir persembahyangan, Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyerahkan punia. Punia diterima secara langsung oleh Jero Penyarikan Duuran Batur. Seluruh rangkaian bhakti penganyar ini juga diikuti oleh antusias oleh seluruh pemedek yang hadir menghaturkan bhakti dari berbagai wilayah di Bali. 

Hukum & Kriminal

Terpopuler